Jumat, 15 Februari 2013

say "Hello"

Bicara soal ilmu komunikasi, pasti banyak yang berpikir dan membisik, "kenapa harus dipelajari ? toh setiap hari kita sudah berkomunikasi". Nah, inilah yang disampaikan oleh dosenku di diploma IPB saat pertemuan pertama kami. Tak mengelak, aku pun awalnya tidak begitu paham, kenapa jurusan ini yang aku pilih. 
Bermula dari yang hanya eksis di kampus, dengan modal Imu Pengetahuan Alam yang 3 tahun aku pelajari di SMA, terasa tak berarti ketika aku mulai menelusuri ilmu ini. 

Aku sama sekali tak menemukan rumus menghitung kecepatan udara ataupun reproduksi makhluk hidup didalam ilmu ini. Mulai bertanya pada diri sendiri apakah aku salah dalam memilih? atau memang ini yang terbaik agar aku tidak stres melanjutkan hafalan rumus itu ?.
 "Ah", ya hanya "Ah" yang aku ucapkan. tak mau terlalu ambil pusing karena pusing itu enggak enak rasanya. 

satu semester berjalan, aku masih belum paham apa gunyanya aku mempelajarinya. setiap dosen aku perhatikan rupanya, tak ada yang beda dengan dosen lain, sama. Namun, Alhamdulillah di dua pertemuan semester dua ini aku mulai ngerasain taste  dari ilmu itu. aku mulai tahu apa itu ilmu komunikasi. 

nih  ada sedikit teori supaya kamu enggak berpikiran kalo aku ini ngalor ngidul. 

Komunikasi adalah suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi dan masyarrakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua pihak. apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikas masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu, cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal. (http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi) 

yup, sudah ada gambaran dong soal komunikasi. jadi, inti dari ilmu komunikasi ini dalah suatu ilmu yang prosesnya bersifat memberi tahu sekaligus melatih kita agar mampu mengomunikasikan segala halnya secara baik dan benar. simpel kan.

well, sebenarnya bukan itu aja fungsi dari ilmu komunikasi. masih masih dan masih banyak lagi. tapi ini dulu ya. the end of the word, thank you 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar